Follow Me

Home
UPN Luncurkan Aplikasi Berbasis Android “UPN Mobile” PDF Print E-mail
Written by wahyu puspita sari   
Friday, 09 February 2018 06:06

Dalam upaya memberikan kemudahan kepada para pengakses kebutuhan informasi kampus, UPN “Veteran” Jatim meluncurkan layanan platform aplikasi berbasis android. Aplikasi ini merupakan hasil rancangan dari Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT TIK). Kepala UPT TIK, Irwan mengatakan, moda pelayanan informasi melalui aplikasi ini dinamakan UPN Mobile yang bisa diunduh secara gratis melalui direktori kampus yang ada pada laman website UPN.



Aplikasi tersebut, selain memuat informasi terbaru seputar UPN, juga untuk mengakses Sistem Informasi Akademik (SIAMIK), Sistem Informasi Mahasiswa Baru (SIMABA), E-Learning, E-Journal hingga agenda-agenda terbaru UPN. Kepala UPT TIK menerangkan bahwa aplikasi UPN Mobile ini adalah rancangan versi pertama (v.1) dan kedepannya akan terus dikembangkan dan di update fitur dan fungsinya. Ditargetkan pada akhir semester ini sudah diluncurkan versi terbaru.

Dengan adanya aplikasi ini, dapat memudahkan para pengakses informasi untuk mengetahui berbagai jenis informasi terkait kampus melalui berbagai fitur yang disajikan. “Aplikasi ini merupakan platform untuk menyampaikan info-info mengenai apa saja hal-hal yang sedang dikerjakan oleh UPN dan dapat diakses oleh semua orang,” ujar Irwan.

Aplikasi ini merupakan salah satu dari aplikasi berbasis mobile lainnya yang sedang dibangun oleh UPT TIK. Sebelumnya juga telah diluncurkan aplikasi monitoring absensi berbasis mobile  untuk mengecek kehadiran pegawai dalam kegiatannya, aplikasi ini lebih dulu diluncurkan karena kebutuhan internal yang tinggi.

Irwan menargetkan kedepannya akan terus menghadirkan aplikasi berbasis mobile mengingat jumlah pengguna smartphone terbilang tinggi. Bahkan, UPN saat ini juga sedang mengembangkan aplikasi bernama “Kalimasada” yang merupakan portal Single-sign-on (SSO) UPN yang sementara ini masih dikhususkan untuk tenaga pendidik.

Respon positif datang dari kalangan mahasiswa, pasalnya mereka beranggapan bahwa selama ini penyampaian informasi mengenai kegiatan terbaru kampus, akademik seperti KRS dan KHS, dan lainnya masih sering mengalami trouble seperti error system saat diakses melalui web oleh para mahasiswa. “Dengan aplikasi ini kita dapat lebih praktis menggunakannya dibandingkan dengan membuka web,” kata Andreanto (Ilkom/17).

Hal senada diungkapkan Silvia (TS/17), yang beranggapan bahwa dengan adanya aplikasi ini merasa lebih terbantu karena sebelumnya informasi yang termuat di website kampus masih lambat untuk diakses. (ars)

Last Updated on Friday, 09 February 2018 06:11
 

Search

Gallery Photo

Alexa Rank


feed-image Feed Entries


created by GIRI TARUNA.