Follow Me

Home Informasi Berita Akreditasi Program Studi UPN Naik Turun
Akreditasi Program Studi UPN Naik Turun PDF Print E-mail
Written by Lala/ Cahya/ Ratna   
Wednesday, 15 February 2012 00:56

Ada beberapa program studi (progdi) di UPN “Veteran” Jatim yang memperbarui status akreditasinya di tahun 2011. Progdi yang mengalami peningkatan akreditasi, yakni Agroteknologi dan Ilmu Komunikasi dengan peningkatan dari B menjadi A. Progdi yang mengalami penurunan, yaitu Teknologi Pangan yang menurun dari A ke B. Untuk progdi Teknik Industri dan Teknik Sipil mendapatkan akreditasi yang sama seperti yang sebelumnya, yaitu terakreditasi B.


Progdi Ilmu Komunikasi memperoleh akreditasi A sejak tahun 2007. Menurut Kaprogdi Ilmu Komunikasi, Saifuddin Zuhri, selama memperoleh akreditasi A, animo mahasiswa progdi ini tetap stabil. Jumlah mahasiswanya pun tidak pernah mengalami penurunan dengan target 200 mahasiswa. Keeksistensian dalam bidang hiburan, pelayanan, dan tingkat kelulusan mahasiswa harus semakin ditungkatkan. “Dalam mempertahankan dan meningkatkan akreditasi di setiap jurusan, tidak hanya meningkatkan animo mahasiswa saja. Namun, sarana prasarana dan dana operasionalnya pun harus ditingkatkan,” ujar Saifuddin.


Saifuddin menambahkan, dana operasional tersebut memang sangat penting. Untuk memenuhi standar akreditasi, fasilitas bangunan juga harus memadai, misalnya menambahkan ruang kelas dan meningkatkan kelayakan ruang dosen. Selama ini belum terpenuhi karena terkendala dana yang minim, padahal jumlah mahasiswanya meningkat. “Padahal masing-masing progdi sudah mengajukan proposal permohonan pada universitas, namun hingga sekarang masih belum ada tanggapan sama sekali,” keluhnya.


Ia berharap ada penambahan ruang kelas dan gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) karena selama ini masih kekurangan ruang belajar. Buktinya, masih banyak mahasiswa yang harus belajar di gedung Fakultas Pertanian. “Bukankah seharusnya ada tanggapan dari pihak universitas sendiri demi peningkatan akreditasi setiap jurusan di UPN “Veteran” Jatim,” tambahnya.

 

Berbeda dengan progdi Ilmu Komunikasi, Teknologi Pangan justru mengalami penurunan akreditasi. Padahal menurut Kaprogdi Teknologi Pangan, Latifah, persiapan yang dilakukan sudah sejak lama. Ia menilai, hampir semuanya sudah memenuhi kriteria penilaian yang mencakup tujuh aspek penilaian akreditasi. “Kita semua sudah mengupayakan yang terbaik, tapi hasilnya ya itu,” tambah Latifah.

 

Di progdi Teknik Industri dan Teknik Sipil, meskipun tidak terjadi penurunan akreditasi, banyak kendala yang dialami progdi. Progdi Teknik Sipil mengalami kendala pada rasio kepangkatan fungsional dan peralatan laboratorium yang belum terpenuhi serta kurangnya penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan dosen. “Kalau dulu ada beberapa standar, kalau sekarang ada tujuh standar dan persiapannya butuh waktu dan pikiran, tidak sekonyong – konyong dikerjakan dalam satu hari”, ujar Wahyu Kartini, Kaprogdi Teknik Sipil.

 

Di Teknik Industri, kendala utama yang dihadapi adalah jumlah Doktor. Pada proses penilaian, minimal harus ada tiga Doktor yang sesuai dengan progdi. Namun di Teknik Industri hanya ada dua Doktor dan keduanya bukan lulusan Teknik Industri. ”Insya Allah, pada akreditasi mendatang sudah ada lima Doktor yang sesuai dengan program studi. Harapannya adalah supaya mendapat A,” ujar Kaprogdi Teknik Industri, Minto Waluyo.

 

Memiliki akreditasi menunjukkan kualitas suatu program studi. Salah seorang mahasiswa yang menilai bahwa akreditasi sangat penting adalah Cypu (Ilmu Komunikasi/09). “Itu adalah sebuah penilaian untuk sebuah jurusan agar mengetahui baik-buruknya jurusan tersebut,” ujarnya.

 

Chan (Administrasi Negara/11) juga berpendapat bahwa akreditasi penting bagi kampus maupun program studi. Meskipun begitu, ada beberapa program studi dalam satu fakultas yang memiliki akreditasi berbeda, namun sarana dan prasarananya sama. “Mungkin yang berbeda, akreditasi A animo mahasiswanya lebih banyak,” tambahnya. [tna]

Last Updated on Wednesday, 15 February 2012 10:46
 

Comments  

 
+2 #1 anto 2013-07-28 05:15
prodi disain kom. visual tidak atau belum terakreditasi bahkan saya sebagai mahasiswa upn merasa kasihan dengan rekan-rekan satu angkatan dengan saya yang belum jelas nasib ijin jurusannya sehingga ketika melamar kerja akan dipertanyakan.
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh

Search

Gallery Photo

Alexa Rank


feed-image Feed Entries


created by GIRI TARUNA.